Thursday, May 7, 2015

Fungsi masing-masing foldel dari database MySQL

Show collation pada database
klausa COLLATE adalah urutan yang digunakan untuk set karakter tertentu dan secara defaultnya adalah  latin1_bin, latin1_general_ci, dan latin1_swedish-ci jika collate tidak ditentukan oleh pembuat tabel. standart collation dari database adalah Latin, dimana collation tersebut, sesuai dengan nama nya hanya dapat menyimpan karakter - karakter latin jika menggunakan karakter arab, jepang atau cina maka secara otomatis MySQL akan mengkonversikan menjadi ??? karena karakter latin tidak mengenali karakter arab, jepang dan cina. Seperti terlihat pada gambar MySQL memiliki beberapa collate yang bisa dipilih/digunakan oleh user.

 Show character set
Show character set ini digunakan untuk menampilkan karakter yang dapat digunakan pengguna yang secara default sudah ada  di MySQL.
Show create database
show create database penjualan seperti contoh diatas berfungsi untuk menampilkan informasi database penjualan. Dalam gambar nama dari database adalah penjualan dan secara default menggunakan character set latin1.
Show create table
menampilkan informasi dari tabel termasuk nama field tipe data dan semua informasi-informasi yang terdapat pada tabel
Membuat database TokoBuku
perintah diatas digunakan untuk membuat database TokoBuku dengan menanbahkan langsung default character set lain1 dan default collate latin1_bin itu digunakan agar isi database menggunakan default character set lain1 dan default collate latin1_bin itu
Mengubah set karakter ke latin1 untuk database TokoBuku
menggunakan alter database TokoBuku ini berfungis untuk mengedit database TokoBuku dengan mengubah karakter dari database yaitu menggunakan character set latin1;ini agar database secara default menggunakan character latin1. Agar lebih jelah lihat pada gambar membuat database TokoBuku, ada perbedaan yaitu pada gambar diatas defaultnya hanya menggunakan character set latin1 sedangkan gambar pada database TokoBuku sebelumnya collate latin_bin.
Create tabel mahasiswa menyatakan charset utf8
create tabel mahasiswa yang pertama terjadi error karena pada saat memasukan nilai primary key tidak sesuai dengan data tabel yaitu ID tidak ada sehingga harus diganti dengan primary key(nrp). Tabel diatas menggunakan default character set utf8 yang artinya data-data non latin seperti jepang, arab, cina dapat disimpan.



menampilkan informasi dari tabel mahasiswa yang menggunakan tipe tabel secara defaulnya MyISAM dan character set utf8.
Create temporary TokoBuku
Temporary Tabel merupakan tabel sementara yang terbentuk ketika proses itu query berjalan. fungsi tabel temporari digunakan untuk menyimpan data dari rangkaian proses untuk memperoleh informasi yang diinginkan. pada umumnya tabel temporari diciptakan karena proses yang lakukan tidak bisa diselesaikan dalam satu kali proses query.

Menentukan Sifat Null (Nullability) dari Kolom

membaut tabel katalog dengan secara langsung menambahkan sifat not null yang artinya pada IDProduk nilai tidak boleh dikosongkan sedangkan null nilainya boleh dikosongkan. Pada pembuatan tabel diatas IDProduk dan nama wajib di isi karena menggunakan deklarasi not null semua.
Menentukan Nilai Default
dalam pembuatan tabel dapat secara langsung menentukan nilai defaulnya. Nilai default digunakan ketika memasukkan atau mengupdate suatu baris, jika tidak ada nilai apapun yang diisikan. Nilai ini sangat berguna ketika nilai berulang dalam sebuah colom atau merupakan nilai yang paling sering digunakan dalam kolom tersebut.
Menentukan Primary Keys (Kunci Utama)
menanbahkan primary key atau kunci utama yang berfungsi untuk mengidentifikasi setiap baris dalam tabel. Primary key ini dapat ditambahkan langsung ketika awal membuat tabel dan dapat juga menambahkannya setelah membuat table dengan menggunakan alter table.

1 comment:

  1. Akan di pelajari dengan seksama dulu gan.

    bagi agan yang berminat belajar web programming bisa dilihat di situs berikut ini Kursus Web Programming

    ReplyDelete