Monday, June 25, 2012

Cara Mengatasi Bad Sector pada Harddisk

Bad Sector adalah Keadaan di mana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data. hal ini sering terjadi karena beberapa hal, misalnya putusnya koneksi saat adanya proses transfer data atau disebabkan oleh benturan yang menyebabkan kerusakan secara permanen.
hdd regenerator adalah tool dari hiren’s 10.0 yang memungkinkan untuk memperbaiki bad sector pada hard disk drive yang rusak tanpa kehilangan data yang ada. mendukung berbagai jenis hard drive dan dapat digunakan dengan sistem file termasuk FAT, NTFS, EXT3, HFS dll disk belum diformat dan unpartioned juga didukung. 


Langkah-langkahnya sbb:
1.      Terlebih dahulu kita ganti booting lewat Cd
2.      Masukan hiren’s bootCd dan akan muncul booting hiren’s 10.0
3.      Pilih start bootCd untuk booting cd


4.      Setelah proses booting selesei akan muncul keseluruhan tool dari hiren’s 10.0 dan kita pilih no 5 Hard Disk Tool


5.      Kemudian pilih no 1 HDD Regenerator 1.71


6.      Muncul menu partisi mana yang akan kita scan Jika partisi hardisk lebih dari satu partisi cara memilihnya yaitu dengan menuliskan kapasitas dari partisi tesebut. kemudain tekan sembarang dari key board untuk melanjutkan.

7.      Pilih no 1untuk scan dan merepair hardisk


8.      Proses scaning and repair akan berjalan tunggu hingga selesai

    
9.   Setelah scaning akan muncul keterangan list
 
10.      Proses scan dan repair sudah selesai kemudin restart komputer dengan menekan Ctrl+Alt+Del

Kemungkinan-kemungkinan hasil scan harddisk yang bad sector, diantaranya:
1.      OS berjalan normal kembali
Bad sector hanya sedikit dan dapat direpair biasanya OS dapat berjalan normal kembali.
2.      File OS rusak dan harus segera instal ulang
Setelah discan bad sector dapat di repair namun kadang bad sector  merusak file system jika terjadi seperti itu  harus segera instal ulang agar hardisk dapat digunakan kembali.
3.      Jika terlalu banyak sector yang rusak dan HDD Regenerator tidak bisa merepair maka hardisk tidak dapat dipakai dan harus diganti.
4.      Bad sector harddisk dapat menyebar dan merusak file-file yang ada di harddisk, file-file yang tersimpan dalam sector yang rusak tidak dapat disalin ataupun dipindah file tersebut sudah rusak.

No comments:

Post a Comment