Monday, October 22, 2012

Alat input komputer



Berdasarkan kegunaannya, perangkat keras komputer digolongkan kedalam tiga bagian utama, yaitu :
A. Alat Input
Alat input adalah alat untuk memasukan program maupun data yang akan diproses oleh komputer, yang termasuk alat-alat input adalah :
1 Keyboard


Keyboard adalah perangkat yang mempunyai tuts seperti pada mesin tik, yang dilengkapi tombol tambahan dengan berbagai fungsi, jenisnya bisa serial, PS/2, USB, Wireless.

2 Mouse
Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakan pointer, menunjuk perintah atau program pada layar monitor, jenis dari mouse ada yang serial, PS/2, USB, Wireless.

3 Scanner
Scanner adalah alat untuk mengkonversi gambar atau teks manual menjadi gambar atau teks digital berupa data digital.

4 Kamera Digital/Webcam
Kamera digital adalah alat untuk mengambil foto atau gambar dan dapat dimasukan kedalam komputer.

5 Mic / Microphone
Mic digunakan hanya untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card, dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.

6 Barcode


7. Barcode scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk consumer good. Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang.

No comments:

Post a Comment