Friday, February 1, 2013

Cara Membuat Web Server di ClearOS 5.2


Postingan kali ini berkaitan dengan UKK (uji kopetensi kejuruan) yang diujikan untuk memenuhi syarat kelulusan setiap siswa-siswi SMK, UKK dilaksanakan pada setiap jurusan yang ada di SMK khususnya di SMK Bustanul Falah tempat saya menyedot ilmu TKJ. Langsung saja pada pembahasan kalian semua pasti sudah banyak mengetahui apa itu web server. Yuuppp… sobat benar web server adalah web yang di install untuk jaringan internal atau intranet. Web server ini biasa digunakan oleh pihak instansi termasuk perkantoran dan sekolah. Nah berikut langkah pembangunan sebuah web server dengan ClearOS. Mengapa kita harus menggunakan ClearOS karena setting yang sangat mudah dibanding dengan OS Server lainya.
 

1. Aktifkan connten Web Servernya

2. Untuk mengetahui Connten Web Server sudah berfungsi ketikan pada browser IP Address PC server sbg contoh 192.168.2.251 jika sudah aktif akan muncul tampilan dibawah.


3. Aktifkan juga MySql nya. Buat password untuk PhpMyAdmin Jika sudah klik Go untuk masuk di phpmy admin atau ketikan https://192.168.2.251:81/mysql/.
 
 4. Buat database baru untuk nama database nya terserah sebagai contoh saya mengunakan nama saya.
5. Import data .sql dari CMS yang anda gunakan (sebagai contoh saya menggunakan CMS Balitbang)
6. Upload data dengan menggunakan Win SCP atau file zila namun yang saya praktikan Win SCP karena lebih mudah bagi pemula. Copy seluluh data CMS yang ada ke direktori /var/www/html cara copy cukup mudah yaitu tandai target yang akan di upload kemudian drag kearah yang sudah di tentukan.
7.     Edit data Config pada direktori /var/www/html/lib menggunakan notepad ganti data sbb:
$dbhost = "192.168.2.251";
$dbname = "ahmad";
Dan terakhir klik save. 
8.      Proses terakhir adalah melakukan testing ketik pada browser http://192.168.2.251/
Jika berhasil maka muncul tampilan Web Server anda.

Nah cara Install CMS Balitbang di ClearOS 5.2 dan sudah siap dijalankan
mudahkan
Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment