Friday, September 22, 2017

Langkah pertama mempelajari Codeigniter

Framework Codeigniter masuk dalam kategori framwork PHP yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. saya kutip dari https://coderseye.com/ Codeigniter masuk urutan yang kedua setelah laravel. Ini membuktikan bahwa Codeigniter termasuk framework PHP yang perlu untuk dipelajari sebagai development sebuah aplikasi yang berskala kecil, sedang maupun besar.
sumber : https://coderseye.com/


 Ada beberapa yang harus anda ketahui sebelum belajar lebih jauh lagi mengenai Framework Codeigniter yaitu konsep MVC, jika anda belum tahu apa itu MVC bisa lihat postingan sebelumnya Mengenal Framework CodeigniterSedikit mengingatkan kembali proses kinerja dasarnya Codeigniter menggunakan konsep MVC (Model, View dan Controller), Model bertugas untuk menghubungkan sistem dengan database, View bertugas untuk pembuatan desain sistem dan Controller bertugas untuk pengendali atau penghubung antara Model dan View.

Tutorial sederhana ini khusus buat anda masih pemula, berikut beberapa yang harus disiapkan antara lain sebagai berikut :

  1. WEB SERVER, dalam hal ini saya menggunakan XAMPP 
  2. BROWSER kesukaan anda (Chrome, Mozila Firefox, Opera, Safari dll.)
  3. APLIKASI EDITOR kesukaan anda (Dreamweaver, SublimeTex, Notepad ++, dll)
setelah semua ready mari kita mulai memasang/menginstall CodeIgniter
  1. Siapkan file Framework Codeigniter jika belum punya klik download
  2. Buka aplikasi XAMPP dan nyalakan apache
  3. Extract file codeigniter yang anda download dan copy filenya dan taruh pada folder C:\xampp\htdocs kemudian rename folder yang anda inginkan 
  4. Buka browser kemudian ketikan localhost/folder_anda jika hasilnya seperti gambar berikut berati proses instalasi Codeigniter telah berhasil
Selamat mencoba semoga berhasil

No comments:

Post a Comment