Tuesday, January 29, 2013

Cara Membuat Mail Server di ClearOS 5.2

UKK (uji kopetensi kejuruan) yang pertama untuk SMK Bustanul Falah tempat dimana saya menimba ilmu TKJ termasuk yang saya posting ini hasil dari pembelajaran selama saya sekolah. Mail kata yang sangat sering kita dengar tapi apa sebenarnya pengertian dari Mail itu sendiri, yang biasa kita kenal mail adalah suatu penyedia layanan mail dimana kita dapat mendaftar secara gratis untuk menggunakanya. Lantas apa Mail Server itu sendiri?? Mail Server adalah sebuah server mail yang datap kita buat sendiri dengan berbagai macam cara yang kita install di PC stand alone yang artinya mail server itu hanya berfungsi di jaringan intranet. Apa fungsi dan manfaatnya mail server? Fungsinya kita dapat membuat email sendiri di jaringan intranet atau dengan kata lain kita sebagai adminya. Dan manfaatnya adalah kita dapat mengirimkan pesan kepada email yang sudah terdaftar di mail server kita. 


1.   Aktifkan SMTP Server terlebih dahulu


2. Buat dulu akun yang akan anda gunakan minimal dua akun untuk dapat digunakan kirim pesan. Isikan user dan password terserah anda jika sudah klik update.

3.  Untuk cek Mail Server sudah berfungsi atau belum ketikan pada Browser https://192.168.2.251:83 jika berhasil maka tampilanya seperti dibawah.
4. Masuk sesuai dengan akun yang barusan anda buat. Untuk cek silahkan dicoba kirim pesan kea kun lain.
Mail Server sudah selesai mudah bangetkan!!
Selamat mencoba semoga sukses UKK.
 
 


2 comments:

  1. ???? ???? \???? apa ini, ga jelas!!! konfigurasi kirim dan terima email dimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tinggal login aza gan kemudian sent fiturnya hampir sama dengan ymail ataupun gmail
      intinya kalau cek login dulu

      Delete